Selamat datang di Brasto - Spesialis Anti Rayap

brasto jasa anti rayap
jasa anti rayap Dalam hitungan hari, rayap akan menghancurkan investasi Anda. Jangan biarkan hal itu terjadi!

Brasto adalah Jasa Anti Rayap yang siap membantu memproteksi bangunan Anda dari serangan hama rayap. Brasto adalah solusi terbaik untuk Anda. Karena kami memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan!

Wednesday, August 13, 2008

Tentang rayap

Pest Control Technical
Sumber: www.termitespecialist.com.au

Rayap adalah serangga kecil pemakan (perusak) kayu dan menjadi hama dalam kehidupan kita. Di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 200 spesies rayap yang 20 di antarannya dikenal sebagai hama perusak kayu serta hama hutan / pertanian.

Di antara jenis-jenis rayap ada dua jenis yang umum bertindak sebagai hama perusak. Yaitu rayap kayu kering (Cryptotermes) yang menghuni dan makan kayu kering, dan rayap subteran (seperti Macrotermes) yang sarang koloninya umumnya terdapat dalam tanah lembab, dengan ukuran tubuh relatif besar.

Rayap adalah seranga isopteran yang berarti memiliki sepasang sayap yang sama (equal wings). Rayap memiliki 4 sayap (kanan-kiri) yang sama baik bentuk dan ukurannya. Sering disalahartikan sebagai semut putih karena tubuh mereka yang putih. Rayap pada kenyataannya lebih dekat kepada kecoa. Karena sistem pencernaannya mengandung berbagai micro-organisme yang membantu mencerna makananya yaitu selulosa, zat yang terkandung di dalam kayu/tumbuhan. Meskipun rayap secara umum dikenal sebagai hama perusak kayu (material berbahan kayu), mereka berguna dalam ekosistem, yaitu sebagai penyedia lubang-lubang bagi kadal, burung, dan tupai sebagai tempat mencari makan mereka dan membantu menguraikan bahan organik


Kasta

Rayap adalah serangga sosial, hidup dan bekerja bersama dalam suatu koloni dengan berbagai ukuran. Rayap memiliki bentuk berbeda-beda. Setiap bentuk menunjukan perbedaan fungsi dalam koloni. Mereka bersosialisasi dengan baud an sentuhan.

Rayap Ratu
Tinggal di pusat koloni (sarang) dan dapat hidup hingga 25 tahun dengan menghasilkan sekitar 20.000 telur per harinya.

Rayap Tentara
Dengan capit yang kuat mereka menjaga koloni rayap dari serangan musuh, terutama musuh tradisional mereka yaitu semut.

Rayap Pekerja
Jumlahnya merupakan jumlah yang terbanyak pada koloni rayap. Mereka buta dan mandul. Tugas utamanya adalah menyediakan makanan bagi koloninya. Kerusakan terbesar harta benda Anda disebabkan oleh rayap pekerja ini.

Reproduksi

Proses reproduksi berlangsung di pusat sarang di mana sang betina (ratu) yang mampu hidup hingga 25 tahun itu dapat menghasilkan telur hingga jutaan telur pertahun. Pejantan atau raja bertanggungjawab untuk membuahi sang ratu. Rayap terbang (laron) keluar dari sarangnya dan mencari pasangan betinannya, mengadakan proses reproduksi setelah menanggalkan sayapnya untuk kemudian membuat sarang untuk membangun koloni baru.

Siklus





No comments: